Urgensi Digital Marketing di Pematangsiantar!
Sektor UMKM Pematangsiantar um
Kota Pematangsiantar, singkatnya sering disebut Siantar, merupakan kota yang berada di Provinsi Sumatera. Kota Pematangsiantar adalah kota terbesar kedua setelah Kota Medan. Jarak Kota Medan dengan Kota Siantar sekitar 130 KM dan dapat ditempuh 2,5 Jam menggunakan Mobil.
Seiring dengan membaiknya perekonomian regional dan nasional, pertumbuhan ekonomi Kota Pematangsiantar juga semakin baik. Pelaku usaha yang berkembang di Kota Pematangsiantar mayoritas adalah berskala mikro dan kecil. Pelaku usaha di Kota Pematangsiantar terdiri dari usaha mikro, kecil dan menengah yang tersebar di 8 kecamatan yaitu kecamatan Siantar Timur, Siantar Barat, Siantar Utara, Siantar Selatan, Siantar Marihat, Siantar Martoba, Siantar Sitalasari, dan Siantar Marimbun.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Tahun 2019 ditemukan informasi jumlah UMKM di Kota sebanyak 3227 usaha jenis mikro, 794 jenis usaha kecil dan 59 jenis usaha menengah. Hal ini menunjukkan dominasi usaha mikro yang tersebar di 8 kecamatan lebih dominan jumlahnya. UMKM di Pematangsiantar cukup beragam diantaranya seperti pengolahan makanan, minuman, tembakau, kain tenun, pakaian jadi, olahan kulit, pengolahan dan kerajinan kayu, usaha kertas percetakan dan penerbitan, usaha berbahan logam dan aluminium, dan kriya dan lainnya
Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat. Sebagian aktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. Semakin banyaknya pesaing menjadi pertimbangan bagi pelaku usaha untuk melakukan inovasi dalam memenangkan persaingan. Strategi komunikasi pemasaran yang tepat digunakan untuk bisa meraih pangsa pasar yang dituju sehingga dapat meningkatkan penjualan. Dalam era digital saat ini, pelaku UMKM Siantar juga akan membutuhkan teknologi informasi yang tepat untuk bisa tumbuh berkembang dan bersaing.
Digital marketing menjadi salah satu sarana yang sering digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa pelaku usaha sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/dan beralih ke pemasaran moderen. Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa di akses ke seluruh dunia, seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet, sebagian besar informasi mengenai berbagai produk sudah tersedia di internet, kemudahan dalam pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan produk lainnya.
Umumnya pelaku UMKM menemui kesulitan untuk mendapatkan solusi teknologi informasi yang tepat karena pelaku UMKM tidak memiliki staf khusus yang ahli dalam bidang teknologi informasi yang dinamis. Kendala lain, yakni banyaknya ragam produk teknologi, membuat pelaku UMKM bingung memilih solusi yang pas. Oleh sebab itu para pelaku UMKM membutuhkan panduan dalam memilih teknologi informasi yang tepat sesuai jenis usaha dan kebutuhannya.
Sesungguhnya para pelaku UMKM tertarik untuk menggunakan digital marketing dan memanfaatkan media sosial secara optimal, namun mereka menghadapi beberapa kendala. Kendala yang dihadapi contohnya adalah kurangnya pemahaman mengenai pentingnya digital marketing, kurangnya pengetahuan mengenai teknologi informasi dan komunikasi serta cara-cara penggunaan dan pemanfaatan media sosial yang baik, tidak sabar ingin segera mendapat hasil, serta kurangnya pemahaman untuk menciptakan konten yang menarik.
Mengapa Jasa Digital Marketing?
Tidak semua orang memahami bagaimana caranya merumuskan strategi marketing yang tepat. Perumusan strategi pemasaran ini memang melibatkan berbagai proses yang rumit, seperti berbagai tahapan serta analisa yang jauh dari kata sederhana. Alasan perlu memakai jasa digital marketing yang pertama adalah jasa marketing ini bisa membantu kamu melakukan riset serta mengumpulkan berbagai data yang masih berhubungan dengan strategi marketing yang kamu butuhkan.
Kedua, Anda bisa fokus pada core dan value usaha. Ini adalah salah satu alasan yang paling penting mengapa kamu menggunakan jasa agensi digital, karena Marketing is about value. Marketing sebagus apapun tidak akan berarti apa-apa jika produk/ jasa yang kamu tawarkan tidak memiliki value yang kuat, maka dari itu sebagai pemilik bisnis harus benar-benar fokus dengan value utama brand kamu yakni membuat produk/ layanan yang luar biasa. Tentunya kurang efektif jika kamu harus membagi fokus antara marketing dan produk, bahkan walaupun kamu dan tim kamu bisa melakukannya, pada akhirnya kamu akan mengorbankan value utama bisnis/ brand kamu yaitu menciptakan produk/ layanan yang berkualitas.
Ketiga, hasil promosi yang maksimal. Fokus sebuah agensi adalah memarketingkan bisnis kamu kepada market yang tepat, pada waktu yang tepar dan dengan cara yang tepat. Agensi digital berfokus pada sisi marketing, sedangkan kamu bisa berfokus pada produk/ jasa yang akan dijual. Nah, kombinasi ini akan menghasilkan marketing yang sangat efektif karena kamu sebagai pemilik bisnis betul-betul mempersiapkan produk/ jasa yang terbaik untuk customer dan agensi dapat memarketingkan dengan kreatif sehingga bisnis/ brand kamu bukan hanya sekedar “terlihat” melainkan menjadi pilihan yang lebih baik bagi konsumen.
Agensi Digital yang baik akan merencanakan anggaran yang tepat untuk mempromosikan bisnis kamu sesuai dengan budget yang kamu punya. Dengan menggunakan jasa digital marketing yang profesional maka kamu bisa menghindari kesalahan-kesalahan tertentu yang justru bisa menghasilkan pengeluaran yang sia-sia.
Jasa digital marketing akan membantu kamu menganalisa pasar mana yang lebih potensial dan mana yang tidak. Dengan begitu, kamu bisa menghindari pemasaran ke target yang kurang cocok. Pemasaran pun jadi lebih efisien.
Gomdigital.id: Jasa Digital Marketing Siantar
Salah satu rekomendasi perusahaan penyedia jasa digital marketing siantar yang terpercaya dan menjawab kebutuhan pelaku UMKM untuk go digital ialah Gomdigital.id. Sobat bisa langsung mengunjungi penyedia jasa tersebut di laman website www.gomdigital.id.
Layanan atau service yang diberikan diantaranya ialah Web Development, Social Media Management, dan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).
Layanan web development atau membuat website berguna bagi pelaku usaha untuk menjadikan website usaha jadi lebih professional dengan tampilan user interface yang menarik, praktis dan komunikatif untuk dikunjungi oleh konsumen.
2. Social media management
Selanjutnya, layanan social media management ini merupakan solusi bagi pelaku usaha untuk mengelola media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok mulai dari pembuatan konten, kalender konten, kelola postingan dan membantu interaksi dengan konsumen.
3. SEO dan SEM
Terakhir, gomdigital.id juga memberikan layanan SEO dan SEM. SEO dan SEM ini berperan penting dalam website bisnis untuk meningkatkan visibilitas website usaha di Google. Dengan menggunakan Teknik yang tepat, maka SEO dan SEM menjadi media promosi yang efektif dan menjadi cara tercepat untuk mengarahkan calon konsumen ke website Anda.