Fungsi dan Komponen Pembuatan Website Company Profile

Apa itu website company profile?

Website company profile adalah website yang menampilkan profil perusahaan atau bisnis secara detail, yang fungsi utamanya adalah sebagai alat komunikasi. Dengan media ini Anda dapat dengan mudah dan cepat mentransfer dan berbagi informasi tentang perusahaan kepada orang lain. Tentu saja Anda mendapatkan keuntungan dari iklan internet Anda. Misalnya, Anda dapat membuat lebih banyak orang mengunjungi situs web Anda dan melihat bisnis dan produk yang Anda jual.

Tentu saja ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat mempresentasikan company profile secara online. Salah satunya adalah tampilan website. Ini adalah kesan terpenting yang menentukan apakah orang mengunjungi situs web Anda atau sebaliknya. Pastikan Anda menyajikan website yang memiliki tampilan menarik. Saat pengunjung mendapatkan kesan pertama yang positif, mereka menghabiskan waktu lebih lama untuk menjelajahi situs Anda. Profil perusahaan memainkan peran yang sangat penting dalam membuat pelanggan potensial sadar. Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk mengundang para investor. Oleh karena itu, penyajian website profil perusahaan tidak boleh sembarangan.

Apa saja fungsi website company profile?

Selain untuk pelanggan atau calon pelanggan, website company profile juga bermanfaat bagi berbagai pihak seperti mitra bisnis dan calon investor sebagai penyuntik modal. Website company profile suatu perusahaan memiliki banyak fungsi, beberapa di antaranya adalah:

1. Meningkatkan visibilitas dan kredibilitas perusahaan.

Dengan memiliki situs web perusahaan sendiri, perusahaan Anda secara otomatis akan mudah ditemukan orang-orang di seluruh dunia. Keberadaan website juga bisa menjadi bukti bahwa bisnis Anda eksis dan bisa dipercaya.

2. Menjadi Media Informasi Lengkap tentang Perusahaan

Website perusahaan tentu saja tidak dapat dipisahkan dari profil perusahaan atau company profile. Anda seharusnya tidak memiliki masalah menjelaskan bisnis Anda secara lisan kepada banyak orang. Cukup arahkan ke situs dan pengunjung akan menemukan informasi lengkap tentang bisnis Anda mulai dari apa yang Anda jual, lokasi Anda, visi misi Anda, dan sejarah bisnis Anda.

3. Memudahkan Anda untuk Mempromosikan Produk atau Jasa Anda

Pada tingkat yang lebih baru lagi, situs web dapat menjadi cara untuk menjual produk atau layanan Anda secara langsung. Ada yang namanya website e-commerce yang memungkinkan pengunjung membeli produk atau jasa Anda langsung secara online.

4. Menjadi alat edukasi yang dibutuhkan pelanggan atau pengunjung Anda

Dalam beberapa kasus, banyak website perusahaan yang tidak hanya menyediakan informasi atau platform jual beli online, tetapi juga memiliki fitur blog yang berisi artikel edukasi tentang perusahaan tersebut. Anda dapat menggunakan ini untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda.

5. Meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan kepada pelanggan

Data pelanggan sangat penting bagi perusahaan. Didukung dengan website, Anda dapat memudahkan customer service untuk mendapatkan informasi pelanggan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Berbagai fitur seperti form, live chat dan menu lainnya yang sesuai dengan kebutuhan di website pasti akan sangat memudahkan pekerjaan Anda. Perusahaan Anda juga memiliki peluang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di situs web.

6. Mempermudah menyelesaikan pekerjaan

Teknologi web dapat membantu bisnis Anda menyelesaikan pekerjaan dan memenuhi tenggat waktu. Misalnya mengolah data, menyediakan informasi penjualan produk dan jasa, menyajikan profil perusahaan dan mengelola korespondensi perusahaan Anda.

Komponen dalam website company profile

Sekarang setelah Anda mengetahui artinya, bagaimana dengan komponen yang biasanya Anda temukan di situs web profil perusahaan? Sebenarnya beberapa komponen ini  sifatnya opsional. Ini berarti Anda dapat memilih untuk memasukkannya atau tidak.

1. Informasi Perusahaan
Komponen pertama adalah informasi perusahaan dan ini wajib ada. Tujuannya agar pengunjung lebih mengenal perusahaan Anda. Data yang akan dimasukkan adalah :
• Nama perusahaan,
• Alamat perusahaan,
• Informasi kontak (seperti alamat, nomor telepon, alamat email, dan lain-lain),
• Tanggal pendirian, dan lain-lain.

2.  Informasi Dasar Perusahaan
Komponen kedua adalah opsional. Mengapa? Karena tergantung dari jenis usaha yang Anda jalankan. Beberapa informasi yang biasanya ditampilkan dalam komponen ini adalah:

  • Deskripsi perusahaan, visi dan misinya.
  • Penjelasan tentang produk dan layanan.
  • Timeline sejarah pendirian dan perkembangan perusahaan.
  • Tim inti. 
  • Humas
  • Portofolio klien.

3. Keberhasilan perusahaan
Jika perusahaan Anda telah menerima atau bahkan memenangkan penghargaan, pastikan Anda menambahkannya ke website profil perusahaan Anda. Ini benar-benar opsional tetapi sangat berguna untuk menunjukkan keberhasilan bisnis Anda. Beberapa hal yang harus Anda sertakan adalah:

  • Penghargaan
  • Sertifikat
  • Testimoni
  • Pengakuan media, dan lain-lain.

Halaman yang harus ada di website company profile

Desain yang menarik saja tidak cukup untuk mengubah situs yang dibangun menjadi situs besar dengan banyak pengunjung. Itu harus didukung oleh konten yang jelas, ringkas, asli dan tepat sasaran. Beberapa konten tidak hanya menarik pengunjung, tetapi juga perlu menjadi bagian penting dari website bisnis Anda. Berikut adalah lima halaman yang harus dimiliki situs web bisnis Anda:

1. Home Page

Setiap desain website selalu fokus pada halaman utama, karena di sini Anda dapat melihat bagaimana mendesain situs web Anda untuk menarik pengunjung, Anda menulis di halaman utama apa yang ingin dibaca pengunjung, informasi apa yang dibutuhkan sekarang atau beberapa gambar yang menarik untuk dilihat. Tulis semuanya dalam beberapa kalimat dengan rapi dan dengan font yang bagus dan mudah dibaca. Tentukan warna yang sesuai dengan background dan layout website Anda.

2. Service/Product Page

Halaman atau konten ini merupakan yang terpenting kedua setelah halaman utama/home page. Tulis layanan atau produk yang Anda jual dengan sangat detail dan faktual, karena calon pelanggan Anda pasti ingin tahu apa yang bisa Anda berikan kepada mereka dan membuat mereka percaya pada Anda. Konten/halaman ini sangat penting, jadi luangkan waktu Anda dan fokuslah pada nilai produk atau layanan Anda bagi konsumen.

3. Contact Page

Halaman kontak atau informasi kontak mengarahkan pengunjung ke tempat untuk mendapatkan produk/jasa yang Anda tawarkan. Halaman ini sangat penting untuk pengembangan penjualan produk atau jasa Anda. Tulis informasi yang jelas seperti alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, dll. Akun dan informasi yang dapat digunakan konsumen untuk menghubungi bisnis Anda.

4. About us Page

Di halaman ini, tuliskan sejarah perusahaan, profil perusahaan, keuntungan perusahaan Anda, mitra bisnis Anda atau aturan dan kesepakatan antara Anda dan konsumen. Pada dasarnya, tulislah informasi di halaman ini yang perlu diketahui konsumen tentang bisnis Anda.

5. Testimonial Page

Untuk memberi tahu calon pelanggan Anda seberapa bagus layanan Anda atau produk/layanan yang Anda jual, tempatkan konten yang direkomendasikan di area yang paling mudah dilihat dan diakses pengunjung. Untuk konten ini, konten harus faktual dan mencantumkan nama penyedia sertifikasi serta tautan untuk membuat sertifikasi baru, sehingga konsumen pun tertarik untuk mengajukan sertifikasi langsung di halaman ini. Halaman ini meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis Anda. Semakin banyak pengalaman positif yang dibuat dengan produk/layanan Anda, semakin banyak pengunjung yang tertarik dengan produk/layanan Anda. Selain itu, halaman ini dapat digunakan sebagai masukan untuk pengembangan produk/jasa Anda ke depan.