Algoritma Google: Bagaimana cara kerjanya dan apa saja faktor utamanya?
Apa itu Algoritma Google?
Algoritma Google atai Algoritma Pencarian google adalah sistem kompleks yang memungkinkan Google menemukan, memberi peringkat, dan mengembalikan halaman yang paling relevan untuk permintaan pencarian tertentu. Tepatnya, seluruh sistem peringkat terdiri dari beberapa algoritme yang mempertimbangkan berbagai faktor seperti kualitas, relevansi, atau kegunaan halaman.
Bagaimana cara kerja Algoritma Google?
Ada banyak faktor yang berperan. Kami akan membahas 5 area utama (didaftarkan secara resmi oleh Google) yang memengaruhi hasil apa yang akan dikembalikan untuk kueri tertentu:
1. Meaning of Query
Untuk memberikan hasil yang relevan, Google harus memahami apa sebenarnya yang dicari pengguna dan apa maksud pencariannya. Mereka harus memahami dan menilai berbagai hal:
Arti kata – apa sebenarnya arti kata yang digunakan dalam bahasa alami?
Maksud pencarian di balik kueri – apa yang diinginkan pengguna dengan menggunakan kueri tertentu – definisi, ulasan, pembelian, menemukan situs web tertentu?
Kebutuhan akan kesegaran konten – apakah kueri sensitif terhadap waktu dan memerlukan informasi baru?
Terkadang itu cukup mudah. Jika seseorang menggunakan permintaan pencarian “beli iPhone baru”, cukup jelas dalam semua aspek – makna, niat, dan kebutuhan akan kesegaran. Namun terkadang, terutama dengan pertanyaan umum, sulit untuk memahami apa sebenarnya yang dimaksud pengguna. Dalam kasus ini, Google menunjukkan apa yang dianggapnya sebagai hasil terbaik, tetapi menawarkan pilihan tambahan yang membantu menentukan hasil pencarian.
2. Relevansi Halaman
Kedua, mesin pencari harus menemukan halaman apa yang relevan dengan permintaan pencarian. Dengan kata lain – untuk menemukan halaman yang menjawab permintaan pencarian pengguna dengan cara terbaik.
Ia melakukannya dengan merayapi dan mengindeks secara teratur semua situs web di internet dan menganalisis kontennya. Peran kunci dimainkan oleh kata kunci. Jika kueri penelusuran dan frasa yang terkait dengan kueri penelusuran muncul di halaman, kemungkinan besar halaman tersebut relevan bagi pengguna. Selain itu, Google menggunakan sejumlah algoritme spam yang mendeteksi halaman berkualitas rendah yang mencoba memberi peringkat menggunakan teknik SEO black-hat spam.
3. Kualitas Konten
Kemungkinan ada jutaan halaman untuk setiap kueri penelusuran, jadi Google harus memprioritaskan yang menawarkan konten berkualitas dan menunjukkan:
- Keahlian
- Otoritas
- Dapat dipercaya
Salah satu elemen kuncinya adalah apa yang disebut algoritme PageRank yang memperhitungkan kualitas dan kuantitas tautan yang mengarah ke suatu halaman.
4. Kegunaan halaman
Sekarang setelah Google membahas relevansi dan kualitas konten, mereka harus memastikan situs web tersebut memiliki kegunaan dan keramahan pengguna yang baik. Ini mencakup aspek teknis seperti:
- Respon halaman
- Tampilan yang benar di semua browser
- Kecepatan halaman
- Keamanan situs web
Ini mungkin bukan faktor yang paling penting tetapi pasti diperhitungkan ketika faktor lain (seperti relevansi dan kualitas) sama.
5. Konteks dan Pengaturan
Last but not least, hasil pencarian sangat dipengaruhi oleh keadaan individu dan preferensi pengguna. Ini mungkin termasuk hal-hal seperti:
– Lokasi pengguna
– Sejarah pencarian
– Pengaturan pencarian
5. Konteks dan Pengaturan
Last but not least, hasil pencarian sangat dipengaruhi oleh keadaan individu dan preferensi pengguna. Ini mungkin termasuk hal-hal seperti:
– Lokasi pengguna
– Sejarah pencarian
– Pengaturan pencarian
Apa yang harus dilakukan jika Anda terkena pembaruan algoritme Google?
-Bersabarlah – Sebagian besar pembaruan inti diluncurkan selama beberapa hari, jadi selalu baik untuk menunggu sampai debu mereda. Bergegas ke “perbaikan cepat” bisa lebih berbahaya daripada kebaikan.
– Andalkan sumber tepercaya – Jangan percayai setiap forum “pakar” dengan saran “100% terverifikasi” yang akan Anda temukan (ada banyak di antaranya). Alih-alih, tunggu analisis oleh pakar tepercaya dan publikasi seperti Search Engine Journal.
– Pastikan Anda memerlukan perbaikan – Terkadang, hal terbaik yang harus dilakukan setelah Anda terkena pembaruan algo adalah tidak melakukan apa-apa. Banyak pembaruan yang sedikit diperbaiki atau dikembalikan setelah beberapa minggu, jadi pastikan Anda tidak memperbaiki hal-hal yang tidak perlu diperbaiki.
-Tingkatkan – Last but not least, jika Anda menyadari bahwa ada masalah di situs web Anda yang mungkin menjadi alasan penurunan peringkat Anda, saatnya untuk memperbaikinya. Atau, mungkin pikirkan kembali seluruh strategi SEO Anda untuk lebih fokus pada kualitas daripada kuantitas.
UPDATE ALGORITMA GOOGLE 2022
February 22, 2022, Page Experience Update. Google mengumumkan melalui Twitter bahwa pembaruan pengalaman halaman diluncurkan secara perlahan untuk pencarian desktop, diharapkan selesai pada Maret 2022. Google menawarkan informasi lebih lanjut kepada pengembang tentang pembaruan pengalaman halaman di Pusat Pencarian Google.
March 23, 2022, Product Algorithm Update. Google mengumumkan melalui Search Central Blog pembaruan peringkat ulasan produk yang memungkinkan mereka mengidentifikasi ulasan berkualitas tinggi. Pembaruan harus memakan waktu beberapa minggu untuk selesai. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang pencarian untuk memberikan ulasan produk yang lebih baik kepada pengguna yang mencari Kata Kunci dan mendapatkan saran Google tentang cara menulis ulasan produk berkualitas tinggi.
May 22, 2022, Core Update. Google mengumumkan melalui Twitter rilis pembaruan inti luas, bernama Pembaruan Inti Mei 2022. Ini adalah bagian dari serangkaian pembaruan yang dilakukan Google untuk keseluruhan proses pemeringkatan sepanjang tahun. Pembaruan ini dimulai pada 22 Mei 2022, dan selesai pada 9 Juni 2022.
July 27, 2022, Product Reviews Update. Google mengumumkan rilis Pembaruan Ulasan Produk Juli 2022 pada 27 Juli, yang selesai pada 2 Agustus. Pemasar e-niaga dapat merujuk ke dokumentasi Google Search Central tentang cara menulis ulasan produk berkualitas tinggi untuk informasi lebih lanjut.
August 25, 2022, Helpful Content Update. Google mengumumkan peluncuran Pembaruan Konten Bermanfaat, yang dimulai pada 25 Agustus. Pembuat konten dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat konten untuk orang terlebih dahulu di blog Pusat Penelusuran.
September 12, 2022, Core Algorithm Update. Google mengumumkan pembaruan algoritme inti, yang mulai diluncurkan pada 12 September dan selesai pada 26 September. Pemilik situs yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang pembaruan inti dapat menemukan informasi lebih lanjut di Blog Pusat Pencarian Google.
September 20, 2022, Product Review Algorithm Update. Google mengonfirmasi peluncuran pembaruan algoritme ulasan produk baru pada 20 September dan selesai pada 26 September. Meskipun mereka tidak menawarkan saran untuk pemilik situs untuk pembaruan khusus ini, mereka membagikan postingan tentang pembaruan ulasan produk pada tahun 2021 untuk informasi lebih lanjut.