SEO & SEM

SEO dan SEM adalah dua strategi dari digital marketing yang dilakukan untuk melakukan optimasi guna meningkatkan visibilitas website. Memiliki tujuan yang sama, tetapi terdapat berbagai perbedaan dengan cara kerja keduanya.

Search Engine Optimization

SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi digital marketing untuk meningkatkan ranking website di hasil pencarian Google. SEO tidak hanya fokus pada peringkat website dan riset keywords, namun juga fokus pada kualitas website, mulai dari Responsive Web Design (RWD), User Experience (UX), User Interface (UI), hingga penulisan konten. Melalui cara ini, pengguna dapat tinggal lebih lama dan menjelajahi lebih banyak di website perusahaan Anda.

SEO gomdigital.id

Cara Kerja Kami

Keyword Research
Audit
SEO Content
KPI & SERP Monitoring

Search Engine Marketing

SEM gomdigital.id

Search Engine Marketing atau SEM adalah strategi yang menggunakan taktik berbayar untuk mendapatkan visibilitas di search engine atau dikenal juga dengan pay-per-click (PPC). Jika SEO lebih menekankan pada pengoptimalan website secara organik, maka SEM adalah memanfaatkan platform periklanan PPC seperti Google Ads untuk menjangkau target audiens.

Dari segi teknis, SEM biasanya akan memulai campaign dengan melakukan keyword research dan memperhatikan iklan dari kompetitor. Campaign dalam SEM sendiri bisa meliputi Search Ads, Shopping Ads, Display Ads, Gmail Ads,dan YouTube Ads.

Saat audiens mencari keyword tertentu di search engine yang sesuai dengan bisnis kamu, disitulah mereka biasanya akan melihat iklan khusus di bagian atas SERP dengan penanda ikon “Ad” atau “Iklan”.